ETIKA BISNIS ISLAM : SOLUSI UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS TOKO ROTI SYAHFIRA DAN RM. MINANG MAIMBOU)
DOI:
https://doi.org/10.61553/abjoiec.v2i01.162Keywords:
Etika Bisnis Islam, Membangun kepercayaan, Era digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah etika bisnis Islam dapat menjadi solusi
membangun dan mendapatkan kepercayaan orang lain terhadap sebuah usaha di era digital.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif dalam
pengumpulan data, dan analisis data. Sumber data didapatkan dari 2 pelaku bisnis yaitu bisnis
Toko Roti Syahfira dan Rumah Makan Minang Maimbou. Pengumpulan data dilakukan secara
kualitatif dengan metode observasi dan wawancara terhadap sumber data. Kemudian analisis
data dilakukan dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan analisis deskriptif. Hasil dari
penelitian ini didapatkan bahwasanya 2 pelaku usaha yang diteliti memahami dan menerapkan
etika bisnis Islam sebagai sistem aturan bagaimana mereka menjalankan bisnisnya, dan
berdasarkan observasi didapatkan hasil bahwasanya pembeli di kedua toko tersebut banyak dan
pada bidang bisnis digital kedua toko mendapatkan kepercayaan pelanggan dengan bukti
banyak pelanggan yang memesan lewat aplikasi digital.